Master Kopling Bocor Penyebab Susah Pindah Gigi

Master kopling adalah komponen mobil yang berfungsi untuk membantu proses pengoplingan sama seperti kabel kopling. Namun kalau master kopling menggunakan cairan minyak rem untuk membantu menekan garpu kopling supaya mobil dapat terkopling dengan baik. Keunggulan master kopling dibanding kabel kopling adalah pijakan pada pedal kopling lebih empuk dan nyaman saat kaki menginjak pedal kopling.


Master Kopling Bocor Penyebab Susah Pindah Gigi

Ada  dua buah master kopling pada mobil,yaitu master koling atas dan master kopling bawah. Letak master kopling atas berada menempel pada body mobil tepat disebelah booster/servo rem. Sedangkan master kopling bawah letaknya menempel pada prosneling bagian depan.

Cara kerja master kopling adalah saat pedal kopling diinjak maka pedal otomatis akan menekan master kopling atas yang memang berhubungan langsung. Kemudian master kopling atas mengalirkan minyak rem dengan tekanan tinggi menuju master kopling bawah melalui selang tekanan tinggi. Lalu master kopling bawah saat bersamaan akan menekan garpu kopling. Garpu kopling dan drek laher kemudian menekan cluth cover atau matahari,dan matahari pun menekan kampas kopling sehingga terjadilah pengoplingan pada mobil.

Kerusakaan pada master kopling dapat mengakibatkan sulitnya perpindahan percepatan atau perpindahan gigi. Biasanya disebabkan karena master kopling bocor,sehingga tidak dapat menekan garpu kopling. Master kopling bocor biasanya disebabkan karena piston dan seal master kopling sudah aus karena dimakan usia. Atau bisa juga karena kotoran yang masuk dan merusak seal kopling.

Untuk mencegah kerusakaan pada master kopling kita harus melakukan perawatan. Dengan cara mengganti minyak rem pada master kopling setiap 40.000km. Jaga kebersihan mobil,karena jika mobil kotor dan dibiarkan terutama bagian bawah dimana kopling bawah terletak akan cepat merusak masterkopling bawah.


Baca artikel lainnya : 

0 Response to "Master Kopling Bocor Penyebab Susah Pindah Gigi"