Perbaikan Cover Rantai Keteng Mobil Toyota Avanza

perbaikan cover rantai keteng mobil toyota avanza

Cover rantai keteng mobil Toyota Avanza, atau biasa disebut deksel rantai keteng atau orang awam bilang tutup rantai keteng . Letaknya berada di mesin bagian depan berfungsi untuk menutup bagian rantai keteng. Masalah yang sering terjadi pada komponen ini adalah terjadi kebocoran oli mesin pada sambungan antara tutup rantai keteng dengan blok mesin dan juga cylinder head.

Sebetulnya kebocoran juga bisa terjadi pada seal kruk as depan,tapi pada kesempatan kali ini Seputar Mobil hanya akan membahas kebocoran pada cover rantai ketengnya saja.

Kenapa oli mesin bisa rembes atau keluar melalui celah sambungan antara tutup rantai keteng dan blok mesin? Ini karena disebabkan oleh lem yang berfungsi merekatkan tutup rantai keteng dengan blok mesin terlepas. Namun bisa juga karena lem kurang tebal saat pemasangan tutup atau cover rantai keteng sebelumnya. Sehingga mengakibatkan kebocoran oli mesin.

Ini merupakan salah satu kelemahan pada cover rantai keteng, dimana tidak menggunakan packing atau perpak untuk menyambungkannya dengan blok mesin. Tapi hanya menggunakan lem sebagai perekatnya.

Sebagai tips saja “saat pemasangan cover rantai keteng sebaiknya gunakan lem yang kualitasnya bagus perekatannya,kuat dan tahan lama serta tahan panas”.

Untuk memperbaiki kebocoran pada tutup rantai keteng,kita harus membongkar komponen komponen lainnya. Diantaranya pully kruk as,tutup mesin/tutup klep,sensor crank saft,dll. Setelah semuanya terlepas bersihkan lem yang menempel pada permukaan tutup rantai keteng serta permukaan blok mesin. Cuci hingga bersih,lalu keringkan sampai benar benar kering. Berikan lem dengan kualitas terbaik setelah itu pasang kembali.

Cukup mudah secara teori tapi lumayan rumit pada prakteknya, jika kita tidak percaya diri sebaiknya bawa saja kebengkel terpercaya saja suapaya lebih aman.

Untuk perbaikannya sendiri lumayan memakan waktu bisa sampai 1 jam pengerjaan. Dan untuk biaya di bengkel bengkel umum  (bukan dealer resmi) di daerah saya Cilacap berkisar antara 100 – 200 belum termasuk lem seharga 25 original Mitsubishi.


Sekian artikel ini,semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya. Terimakasih sudah membaca.