Karburator,komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk
mencampurkan udara dan bahan bakar untuk pembakaran. Meskipun sekarang sudah
jamannya mobil dengan sistem Injeksi, tapi ternyata masih banyak juga mobil
dengan sistem karburator yang beredar di Indonesia. Seperti mobil Suzuki Carry,
Mitsubishi T120SS, Honda Civic Wonder, Toyota Corrola 1970, kijang dan masih
banyak lainnya.
Melihat dari tahun pembuatannya yang sudah cukup lama, dapat
dipastikan mobil mobil yang saya sebutkan tadi pasti pernah mengalami kendala
pada sistem karburatornya. Biasanya kerusakan kerusakan pada karburator
disebabkan karena kotoran yang mengendap terbawa oleh bensin. Dan bisa juga
komponen komponen di dalam karburator seperti spuyer sudah aus.
Saat akan memberishkan karburator sebaiknya harus dibongkar
secara keseluruhan. Lepas semua komponen didalamnya. Bersihkan lubang lubang
saluran bahan bakar dan udara dari kotoran yang melekat. Semprotkan cairan
khusus carburator cleaner untuk hasil yang maksimal. Cuci atau bilas dengan
bensin sampai bersih, kemudian semprot menggunakan kompresor untuk
menghilangkan kotoran yang menempel dan mengeringkan karburator.
Setelah semuanya kering lakukan perakitan atau pemasangan
kembali, perhatikan juga packing atau perpak yang ada, jika ada yang rusak atau
robek sebaiknya ganti. Jika semua sudah terpasang dengan sempurna saatnya
memasang kembali karburator pada mobil (manifold).
Lakukan penyetelan RPM, Idle dan Idle Up karburator
1.
Idle Up, pertama nyalakan mesin lalu kendorkan
terlebih dahulu sekrup Idle Up, nyalakan AC. Kendorkan sekrup Idle Up sanpai
tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin.
2.
RPM mesin,yang kedua kendorkan sekrup RPM mesin
sampai turun RPM nya atau sampai kira kira mesin tidak mati.
3.
Idle ( Campuran Bahan Bakar dan Udara ), putar
sekrup Idle ke kiri sampai kira kira mesin hampir mati. Kemudian putar kembali
ke kanan pelan pelan saja, cari RPM tertinggi soalnya pada posisi ini terjadi
campuran bahan bakar dan udara paling baik.
4.
Jika sudah menemukan RPM terbaik, sekarang stel
kembali sekrup RPM mesin (gas). Cari RPM terbaik antara 700 – 900 RPM jangan
terlalu kecil agar mesin tidak mudah mati sendiri.
5.
Setelah itu lakukan penyetelan kembali pada
sekrup Idle Up Ac. Stel sesuaikan dengan RPM mesin antara 900 – 1000 RPM. Matikan
AC lihat hasilnya apakah sudah pas RPM yang di inginkan. Jika belum, lakukan
penyetlan sampai menemukan RPM yang kita inginkan.
Setelah semua proses penyetelan selesai jangan lupa
bersihkan filter bahan bakar serta filter udara/ saringan udara. Jika semua
sudah beres rapihkan dan mobil siap untuk dipakai di jalanan.
Sekian artikel tentang Karburator semoga dapat bermanfaat
untuk kita semua pecinta otomotif Indonesia. Terimakasih sudah membaca.
0 Response to "Cara Service Karburator Mobil Sendiri"
Post a Comment