Komponen Kaki Kaki Mobil Yang Sering Rusak
poto by : rekondisi.web.id |
Pernahkah anda merasakan gejala yang tidak nyaman pada stir
mobil anda saat berkendara? Jika iya,berarti saatnya anda mengontrol kondisi
kaki kaki mobil milik anda. Selain sangat berpengaruh pada kenyamanan stir,juga
untuk menjaga keselamatan diri anda sendiri. Kondisi kaki kaki mobil yang rusak
jika dibiarkan saja bisa fatal akibatnya. Oleh sebab itu kenali dan perhatikan
kondisi kaki kaki mobil anda mulai sekarang. Komponen kaki kaki mobil cukup
banyak dan menurut sistem suspensinya sendiri juga ada beberapa macam. Tapi pada
kesmpatan kali ini Blog Seputar Mobil akan membahas beberapa komponen kaki kakimobil yang sering mengalami kerusakan saja.
Berikut komponen kaki kaki mobil yang sering rusak :
1.
Ball Joint
Ball Joint adalah komponen kaki kaki mobil
yang berfungsi untuk menghubungkan antara sayap (arm) dengan knuckle roda. Selain
itu Ball Joint ini memiliki fungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan
dan ke kiri. Posisinya berada menempel pada sayap langsung tapi ada juga yang
dipasang menggunakan baud. Dalam satu roda depan ada yang menggunakan dua buah
Ball Joint atas dan bawah,tetapi ada juga yang menggunakan satu buah Ball Joint
bawah saja. Ball Joint merupakan komponen kaki kaki mobil yang sering rusak
karena fungsinya atau kerjanya yang sangat berat dan terus menerus. Gejala yang
ditimbulkan jika Ball Joint rusak adalah terdengar bunyi gluduk gluduk saat
mobil berjalan dijalan yang tidak rata (jalan rusak). Untuk memeriksanya,dongkrak
roda depan yang akan dilakukan pemeriksaanàkemudian
goyangkan roda ke atas dan kebawah sedikit menyerong. Rasakan apakah ada kocak
pada Ball Jointnya,jika ada dapat dipastikan Ball Jointnya rusak.
2.
Tie Rod
Tie Rod adalah komponen kaki kaki mobil
yang berfungsi menghubungkan antara Rack End stir dengan roda. Mobil dapat
bergerak ke kanan dan ke kiri karena Tie Rod yang berhubungan dengan sistem
stir. Jadi jika Tie Rod ini rusak akan
sangat terasa pada stir yang kita kendalikan .Masing masing roda depan memiliki
satu Tie Rod tetapi ada juga beberapa mobil yang menggunakan dua buah Tie Rod
dalam satu dora (satu Tie Rod terhubung dengan Roda satunya lagi tehubung
dengan tangan gareng).Gejala yang ditimbulkan jika Tie Rod rusak,stir akan
terasa tidak stabil seperti oleng ke kanan dan ke kiri,selain itu juga stir
akan terasa sedikit bergetar jika tie rod rusak,dan akan menimbulkan bunyi
kletek kletek saat berbelok. Untuk memeriksanya anda harus mendongkrak roda
depan,kemudian menggoyangkan kesamping kanan dan kiri,jika terasa kocak berarti
Tie Rod rusak.
3.
Rack End
Rack End ini berfungsi untuk menghubungkan
antara Warm Stir dengan Tie Rod,selain itu Rack End juga berfungsi untuk
mengatur tingkat kestabilan roda. Stabil artinya,Rack End berperan untuk
mengatur tingkat kelurusan roda agar mobil dapat berjalan dengan lurus. Biasa diatur
saat anda melakukan spooring orda mobil. Jika Rack End rusak gejalanya hampir
sama dengan Tie Rod,untuk itu saat anda memeriksa Tie Rod perhatikan juga
apakah yang rusak Tie Rodnya atau Rack Endnya.
Sebetulnya masih banyak komponen kaki kaki mobil lainnya
yang belum saya bahas,tetapi dalam bahasan kali ini saya hanya membahas
komponen yang paling sering rusak. Jadi menurut pengamatan saya tiga komponen
kaki kaki mobil diatas adalah komponen yang sering rusak dan paling sering
diganti. Mungkin lain waktu saya akan membahasnya lebih detail lagi,nantikan
artikel saya berikutnya.
Baca juga Penanganan Pertama Saat Mobil Mogok
0 Response to "Komponen Kaki Kaki Mobil Yang Sering Rusak"
Post a Comment