Ciri Ciri Kampas Kopling Aus atau Tipis
kampas kopling Xenia |
Beberapa orang banyak yang belum mengetahui tanda atau
gejala kampas kopling yang sudah aus. Padahal jika gejala sudah muncul dan
dibiarkan saja maka kampas akan habis hingga menyisakan plat besinya saja.
Kampas kopling yang hanya tersisa plat besinya dapat mengakibatkan pergesekan
langsung dengan matahari(cluth cover). Sehingga dapat merusak permukaan
matahari dan juga permukaan roda gila,yang juga bergesekan langsung dengan
kampas kopling. Untuk itu,perlu diperhatikan jika gejala kampas kopling yang
sudah tipis itu muncul segeralah ganti kampas kopling dengan yang baru. Berikut
akan saya bagikan gejala atau ciri ciri kampas kopling yang sudah tipis atau
aus.
Ciri-ciri kampas kopling yang sudah tipis :
·
Tercium bau gosong saat mobil berjalan
ditanjakan,mobil tidak kuat menanjak dan kampas kopling selip sehingga
pergesekan kampas menimbulkan aroma gosong.
·
Suara mesin membengung ketika angkatan awalan
mobil akan berjalan,bahkan bisa saja mobil tidak dapat berjalan sama sekali.
·
Mobil dengan kopling hidrolik,pedal kopling akan
terasa lebih tinggi saat dilepas tetapi mobil terasa berat.
·
Perpindahan percepatan akan terasa keras,atau
susah pindah gigi.
Selain faktor kampas kopling yang tipis,ada juga problem
lain yang dapat mempengaruhi sistem kopling tidak dapat bekerja dengan baik
diantaranya :
1.
Cluth Cover
Masalah pada cluth cover/matahari/plendes
biasanya disebabkan permukaan yang sudah tidak rata dan tipis. Atau bisa juga
plat matahari yang bergesekan dengan realese bearing (drek laher) sudah aus. Gejala
yang ditimbulkan jika Cluth Cover sudah rusak adalah pedal kopling terasa lebih
rendah dan seperti tidak menekan.
2.
Realese Bearing
realese bearing xenia |
Fungsi dari realese bearing adalah menekan
cluth cover,realese beareng terhubung langsung dengan garpu kopling saat pedal
kopling diinjak secara otomatis realese
bearing akan menekan cluth cover. Kerusakaan pada realese bearing
biasanya karena permukaannya sudah aus akibat bergesekan terus menerus dengan
cluth cover. Sering terjadi juga realese bearing hancur mungkin ada faktor usia
dan pemakaian. Gejala yang ditimbulkan jika Realese bearing rusak,yaitu hampir
sama dengan cluth cover tapi bedanya kalau realese bearing rusak biasanya
dibarengi suara suara kasar didalam prosneling.
3.
Master Kopling
Master Kopling adalah pengganti dari kabel
kopling,master kopling merupakan komponen kopling dengan sistem hidrolik
menggunakan minyak rem. Kerusakan pada master kopling biasanya karena seal yang
terdapat pada master kopling itu bocor,sehingga mengurangi tekanan pada selang
kopling,bahkan bisa sampai pedalkopling terasa hampa atau dalam sistem rem
disebut blong.
Demikian tadi tentang gejala kampas kopling dan komponen
kopling lainnya,semoga dapat menjadi gambaran untuk kita semua,dan memberikan
manfaat bagi semua pembaca. Kenali gejala gejala mobil anda,dan perhatikan
dengan teliti,jika menemui kesulitan jangan malu bertanya kepada kawan kawan
atau langsung memeriksanya dibengkel terpercaya. Terimakasih atas perhatiannya.
Baca juga artikel lainnya starter mobil berat
0 Response to "MASALAH KOPLING MOBIL"
Post a Comment